Tata Cara Mengaktifkan Kembali NPWP Non Efektif


Bagaimana cara mengaktifkan kembali NPWP Non Efektif? berikut ini tata cara mengaktifkan kembali NPWP Non Efektif disertai formulir pengaktifan kembali NPWP Non Efektif beserta list syarat kelengkapan.

Tata Cara Mengaktifkan Kembali NPWP Non Efektif 

 

 NPWP Non Efektif


Apa yang dimaksud dengan NPWP Non Efektif? NPWP Non Efektif atau yang akrab disebut NPWP NE adalah suatu keadaan dimana NPWP yang dimiliki oleh Wajib Pajak seperti "beku" atau "mati suri". Status Non Efektif itu bisa terjadi karena beberapa sebab, yaitu:
1. Anda memang pernah mengajukan permohonan status Non Efektif
2. Kebijakan intern dari Kantor Pelayanan Pajak untuk mengnonefektifkan NPWP dengan alasan tertentu
3. Kesalahan administrasi dalam proses penerimaan berkas wajib pajak

dari alasan tersebut diatas bisa dipahami bahwa status non efektif memang bisa didapat karena kehendak wajib pajak sendiri atau bisa juga karena kebijakan dari kantor pajak. Jika status NPWP anda Non Efektif, maka anda tidak bisa menggunakan NPWP tersebut untuk mengurus administrasi perpajakan.

Apakah NPWP Non Efektif perlu lapor SPT Tahunan?


Status NPWP Non Efektif tidak mewajibkan Wajib Pajak untuk melaporkan SPT Tahunan, baik secara online atau secara manual. Dalam kasus yang biasanya terjadi, ketika akan melaporkan SPT Tahunan melalui djp online, beberapa wajib pajak tidak dapat melanjutkan proses penyampaian SPT tahunan online karena ada notifikasi bahwa NPWP Non Efektif. Maka, tidak perlu melanjutkan proses penyampaian SPT Tahunan karena kewajiban anda telah gugur.

Pengaktifan Kembali NPWP Non Efektif


Ketika status NPWP Non Efektif tersebut memang benar-benar dibutuhkan baik untuk mengurus administrasi perpajakan atau memang anda adalah seorang Wajib Pajak yang memang diharuskan untuk memberikan bukti penyampaian SPT Tahunan oleh Perusahaan dimana anda bekerja, maka anda harus mengaktifkan kembali status NPWP Non Efektif anda. Untuk proses pengaktifan kembali non efektif memang belum ada layanan online, maka anda diharuskan untuk datang ke KPP anda terdaftar untuk mengisi formulir pengaktifan kembali NPWP Non Efektif dan menyampaikan nya ke petugas TPT di KPP.
Jika anda bingung, di lembagapajak.com disediakan formulir pengaktifan kembali NPWP non efektif, anda tinggal download, isi kolom yang tersedia sesuai petunjuk, lengkapi syarat sesuai checklist, anda datang ke KPP langsung diproses tanpa lama-lama bingung mengisi.
Download Formulir Pengaktifan Non Efektif
Mudah Bukan?

Artikel Terkait

Author fakta.id

Muh.Jupriyanto

Silahkan memberikan komentar terkait artikel diatas, pertanyaan, saran, kritik, dan komentar membangun untuk kemajuan website ini sangat kami harapkan , Demikian topik bahasan kali ini semoga hari anda menyenangkan. . .#salamsatujiwa dari saya.
Komentar Facebook
4 Komentar Blogger

4 comments

Write comments
Ahmad Saman
AUTHOR
28 Desember 2016 13.15 delete

S. siang Mas thanks atas sharing artikelnya, saya punya sedkit pertanyaan dan ingin saya tahu bagaimana cara mengaktifkan NPWP Badan Usaha yang di Block, alasaan karena sesuatu hal/misadministrasi pd badan usaha tersebut. Mohon kiranya pencerahannya thanks a lot for your support

Reply
avatar
Ad Mar
AUTHOR
18 Maret 2017 11.21 delete

mau tanya NPWP sya tidak aktif apakah bisa diaktifkan dengan no NPWP lama

Reply
avatar
23 Maret 2017 15.50 delete

NPWP di blok itu ada beberapa kriteria. NPWP itu bisa dinon efektifkan, tetap bisa melakukan kewajiban.
NPWP juga bisa dihapus karena permohonan WP atau kebijakan Pusat, hubungi Account Representative KPP terdaftar.
NPWP juga bisa diblok karena ada masalah atau tidak tertib perpajakan, hubungi Account Representative KPP terdaftar.

Reply
avatar
23 Maret 2017 15.51 delete

ya memang harus diaktifkan kembali pak. Kunjungi KPP terdaftar untuk diaktifkan kembali NPWP nya

Reply
avatar